Rabu, 07 Juli 2010

Muslim.or.id: Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Muslim.or.id: Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah


Di Mana Air Matamu?

Posted: 07 Jul 2010 01:00 AM PDT

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena merasa takut kepada Allah sampai susu [yang telah diperah] bisa masuk kembali ke tempat keluarnya." (HR. Tirmidzi [1633]).

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda, "Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan-Nya; [1] seorang pemimpin yang adil, [2] seorang pemuda yang tumbuh dalam [ketaatan] beribadah kepada Allah ta'ala, [3] seorang lelaki yang hatinya bergantung di masjid, [4] dua orang yang saling mencintai karena Allah; mereka berkumpul dan berpisah karena-Nya, [5] seorang lelaki yang diajak oleh seorang perempuan kerkedudukan dan cantik [untuk berzina] akan tetapi dia mengatakan, 'Sesungguhnya aku takut kepada Allah', [6] seorang yang bersedekah secara sembunyi-sumbunyi sampai-sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya, dan [7] seorang yang mengingat Allah di kala sendirian sehingga kedua matanya mengalirkan air mata (menangis)." (HR. Bukhari [629] dan Muslim [1031]).

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda, "Ada dua buah mata yang tidak akan tersentuh api neraka; mata yang menangis karena merasa takut kepada Allah, dan mata yang berjaga-jaga di malam hari karena menjaga pertahanan kaum muslimin dalam [jihad] di jalan Allah." (HR. Tirmidzi [1639], disahihkan Syaikh al-Albani dalam Sahih Sunan at-Tirmidzi [1338]).

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidak ada yang lebih dicintai oleh Allah selain dua jenis tetesan air dan dua bekas [pada tubuh]; yaitu tetesan air mata karena perasaan takut kepada Allah, dan tetesan darah yang mengalir karena berjuang [berjihad] di jalan Allah. Adapun dua bekas itu adalah; bekas/luka pada tubuh yang terjadi akibat bertempur di jalan Allah dan bekas pada tubuh yang terjadi karena mengerjakan salah satu kewajiban yang diberikan oleh Allah." (HR. Tirmidzi [1669] disahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Sahih Sunan at-Tirmidzi [1363])

Abdullah bin Umar radhiyallahu'anhuma mengatakan, "Sungguh, menangis karena takut kepada Allah itu jauh lebih aku sukai daripada berinfak uang seribu dinar!".

Ka'ab bin al-Ahbar rahimahullah mengatakan, "Sesungguhnya mengalirnya air mataku sehingga membasahi kedua pipiku karena takut kepada Allah itu lebih aku sukai daripada aku berinfak emas yang besarnya seukuran tubuhku."

Ibnu Mas'ud radhiyallahu'anhu mengatakan; suatu ketika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepadaku, "Bacakanlah al-Qur'an kepadaku." Maka kukatakan kepada beliau, "Wahai Rasulullah, apakah saya bacakan al-Qur'an kepada anda sementara al-Qur'an itu diturunkan kepada anda?". Maka beliau menjawab, "Sesungguhnya aku senang mendengarnya dibaca oleh selain diriku." Maka akupun mulai membacakan kepadanya surat an-Nisaa'. Sampai akhirnya ketika aku telah sampai ayat ini (yang artinya), "Lalu bagaimanakah ketika Kami datangkan saksi bagi setiap umat dan Kami jadikan engkau sebagai saksi atas mereka." (QS. an-Nisaa' : 40). Maka beliau berkata, "Cukup, sampai di sini saja." Lalu aku pun menoleh kepada beliau dan ternyata kedua mata beliau mengalirkan air mata." (HR. Bukhari [4763] dan Muslim [800]).

Dari Ubaidullah bin Umair rahimahullah, suatu saat dia pernah bertanya kepada Aisyah radhiyallahu'anha, "Kabarkanlah kepada kami tentang sesuatu yang pernah engkau lihat yang paling membuatmu kagum pada diri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam?". Maka 'Asiyah pun terdiam lalu mengatakan, "Pada suatu malam, beliau (nabi) berkata, 'Wahai Aisyah, biarkanlah malam ini aku sendirian untuk beribadah kepada Rabbku.' Maka aku katakan, 'Demi Allah, sesungguhnya saya sangat senang dekat dengan anda. Namun saya juga merasa senang apa yang membuat anda senang.' Aisyah menceritakan, 'Kemudian beliau bangkit lalu bersuci dan kemudian mengerjakan shalat.' Aisyah berkata, 'Beliau terus menerus menangis sampai-sampai basahlah bagian depan pakaian beliau!'. Aisyah mengatakan, 'Ketika beliau duduk [dalam shalat] maka beliau masih terus menangis sampai-sampai jenggotnya pun basah oleh air mata!'. Aisyah melanjutkan, 'Kemudian beliau terus menangis sampai-sampai tanah [tempat beliau shalat] pun menjadi ikut basah [karena tetesan air mata]!". Lalu datanglah Bilal untuk mengumandangkan adzan shalat (Subuh). Ketika dia melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menangis, Bilal pun berkata, 'Wahai Rasulullah, anda menangis? Padahal Allah telah mengampuni dosa anda yang telah berlalu maupun yang akan datang?!'. Maka Nabi pun menjawab, 'Apakah aku tidak ingin menjadi hamba yang pandai bersyukur?! Sesungguhnya tadi malam telah turun sebuah ayat kepadaku, sungguh celaka orang yang tidak membacanya dan tidak merenungi kandungannya! Yaitu ayat (yang artinya), "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi….dst sampai selesai" (QS. Ali Imran : 190)." (HR. Ibnu Hiban [2/386] dan selainnya. Disahihkan Syaikh al-Albani dalam Sahih at-Targhib [1468] dan ash-Shahihah [68]).

Mu'adz radhiyallahu'anhu pun suatu ketika pernah menangis tersedu-sedu. Kemudian ditanyakan kepadanya, "Apa yang membuatmu menangis?". Maka beliau menjawab, "Karena Allah 'azza wa jalla hanya mencabut dua jenis nyawa. Yang satu akan masuk surga dan satunya akan masuk ke dalam neraka. Sedangkan aku tidak tahu akan termasuk golongan manakah aku di antara kedua golongan itu?".

al-Hasan al-Bashri rahimahullah pun pernah menangis, dan ditanyakan kepadanya, "Apa yang membuatmu menangis?". Maka beliau menjawab, "Aku khawatir besok Allah akan melemparkan diriku ke dalam neraka dan tidak memperdulikanku lagi."

Abu Musa al-Asya'ri radhiyallahu'anhu suatu ketika memberikan khutbah di Bashrah, dan di dalam khutbahnya dia bercerita tentang neraka. Maka beliau pun menangis sampai-sampai air matanya membasahi mimbar! Dan pada hari itu orang-orang (yang mendengarkan) pun menangis dengan tangisan yang amat dalam.

Abu Hurairah radhiyallahu'anhu menangis pada saat sakitnya [menjelang ajal]. Maka ditanyakan kepadanya, "Apa yang membuatmu menangis?!". Maka beliau menjawab, "Aku bukan menangis gara-gara dunia kalian [yang akan kutinggalkan] ini. Namun, aku menangis karena jauhnya perjalanan yang akan aku lalui sedangkan bekalku teramat sedikit, sementara bisa jadi nanti sore aku harus mendaki jalan ke surga atau neraka, dan aku tidak tahu akan ke manakah digiring diriku nanti?".

Suatu malam al-Hasan al-Bashri rahimahullah terbangun dari tidurnya lalu menangis sampai-sampai tangisannya membuat segenap penghuni rumah kaget dan terbangun. Maka mereka pun bertanya mengenai keadaan dirinya, dia menjawab, "Aku teringat akan sebuah dosaku, maka aku pun menangis."

Saya [penyusun artikel] berkata: Kalau al-Hasan al-Bashri saja menangis sedemikian keras karena satu dosa yang diperbuatnya, lalu bagaimanakah lagi dengan orang yang mengingat bahwa jumlah dosanya tidak dapat lagi dihitung dengan jari tangan dan jari kaki? Laa haula wa laa quwwata illa billah! Alangkah jauhnya akhlak kita dibandingkan dengan akhlak para salafush shalih? Beginikah seorang salafi, wahai saudaraku? Tidakkah dosamu membuatmu menangis dan bertaubat kepada Rabbmu? "Apakah mereka tidak mau bertaubat kepada Allah dan meminta ampunan kepada-Nya? Sementara Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang." (lihat QS. al-Maa'idah : 74).

Aina nahnu min haa'ulaa'i? Aina nahnu min akhlagis salaf? Ya akhi, jadilah salafi sejati!

Disarikan dari al-Buka' min Khas-yatillah, asbabuhu wa mawani'uhu wa thuruq tahshilihi, hal. 4-13 karya Abu Thariq Ihsan bin Muhammad bin 'Ayish al-'Utaibi, tanpa penerbit, berupa file word.

Penulis: Abu Mushlih Ari Wahyudi

Artikel www.muslim.or.id

Soal-135: Makna Nasehat Untuk Allah

Posted: 07 Jul 2010 01:00 AM PDT

Kajian Umum Jogja (17-18 Juli 2010): “RAHASIA KEUTAMAAN AMAL” Ust. Abu Yahya Badrussalam, Lc.

Posted: 06 Jul 2010 07:15 PM PDT

Ikutilah Kajian Umum bersama Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc. dengan tema:

“RAHASIA KEUTAMAAN AMAL”

Ahad, 18 Juli 2010

Pukul 08.00 WIB – Dhuhur

Di Masjid Ma’had Jamilurrahman
(Sawo, Wirokerten, Banguntapan, Bantul [selatan Terminal Bus Giwangan Yogyakarta])

Gratis, untuk semua kalangan
PUTRA & PUTRI

Informasi:
085.6789.4678 (Iman)

Ikuti juga kajian beliau dengan tema:

“BERBAKTI KEPADA ORANG TUA”

Sabtu, 17 Juli 2010

Ba’da Maghrib – Isya’

Di Masjid Baiturrahman
(Jalan Veteran Komplek Polri Gowok, Blok B/2-49, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta )

Gratis, untuk semua kalangan
KHUSUS PUTRA

Informasi:
0813.7483.4651 (Fikri)

Untuk informasi yang lebih detil mengenai kajian ini dapat melihat poster kajian melalui link berikut:
Poster Kajian Ust. Badrussalam

Tablig Akbar Bandung (11 Juli 2010): MANHAJ AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH DALAM TAZKIYATUN NUFUS

Posted: 06 Jul 2010 06:55 PM PDT

Pengumuman Tabligh Akbar ( Bedah Buku )

MANHAJ AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH DALAM TAZKIYATUN NUFUS

Sebuah buku yang mengupas tentang macam-macam hati, penyakit-penyakit hati dan obat penyembuhnya menurut metode ahlus sunnah wal jama’ah.

Bersama penulis : Ust. Yazid bin Abdul Qadir Jawas

Ahad, 11 Juli 2010 pukul 09:30 – 12:00 WIB

Masjid Istiqomah Bandung, Jalan Taman Citarum Bandung

Kajian ini terbuka untuk umum bagi kaum muslimin dan muslimat

Buku bisa didapatkan di panitia..

Penyelenggara : Pesantren Annajiyah Bandung

Untuk informasi, bisa menghubungi : 022-70435547  ( Abu Ibrahim )

Pengajian Akbar (Sragen, 10 Juli 2010): AGAR HARTA LEBIH BERKAH

Posted: 06 Jul 2010 06:48 PM PDT

PENGAJIAN AKBAR

Tema: AGAR HARTA LEBIH BERKAH

Bersama:
Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

* Pimpinan Pondok Pesantren Ibnu Abbas, Sragen
* Sidang Redaksi Majalah As Sunnah
* Staf Ahli Majalah Nikah
* Staf Ahli Syariah Majalah Pengusaha Muslim

Insya Allah akan diselenggarakan pada:

Hari/ tanggal: Sabtu, 27 Rajab 1431 H / 10 Juli 2010
Waktu: Pukul 08.00 s.d. Dhuhur
Tempat: Masjid Raya Al Falah, Sragen

FASILITAS KAJIAN:

* Makalah Kajian (Persediaan 500 Makalah)
* Buku Saku GRATIS! “Bekal Menyambut Bulan Ramadhan” (Persediaan 500 Buku)
* Materi dengan LCD Proyektor
* Tanya Jawab

CONTACT PERSON:

M. Zuhri Abu Afif 0271-705 0443
Abu Ilyas 081329 250 400
Srihadi Abu Azka 085 729 27 6361

PANITIA KAJIAN:

Lembaga Bimbingan Islam Ilmiah (LBI2) Sragen
Bekerjasama dengan
Takmir Masjid Al-Falah, Sragen

Kajian ini juga didukung oleh:
PG & TK Roudhotul ‘Ilmi Sragen
PAUD Islam Terpadu “Al-Ikhlas”
Ponpes Ibnu Abbas Sragen
Radio Suara Quran 94.4 FM

Lihat pamfet: http://salafiyunpad.files.wordpress.com/2010/06/kajian-sragen.jpg?w=600&h=626

Soal-134: Menghancurkan Tempat Maksiat

Posted: 06 Jul 2010 06:40 PM PDT

Jika kita menghancurkan tempat maksiat yang pemerintah mengijinkannya, apakah termasuk tidak taat terhadap pemerintah yang dibolehkan?

Dijawab Oleh Ust Aris Munandar. SS

Jawabannya Klik Player:

Download

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Macam-Macam Kemurtadan

Posted: 06 Jul 2010 06:00 PM PDT

Murtad berasal dari kata irtadda yang artinya raja'a (kembali), sehingga apabila dikatakan irtadda 'an diinihi maka artinya orang itu telah kafir setelah memeluk Islam (lihat Mu'jamul Wasith, 1/338)

Perbuatannya yang menyebabkan dia kafir atau murtad itu disebut sebagai riddah (kemurtadan). Secara istilah makna riddah adalah: menjadi kafir sesudah berislam. Allah ta'ala berfirman,

وَمَنْ يَرْتَدِدْ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَيَمُتْ وَهُوَ كَافِرٌ فَأُولَئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآَخِرَةِ وَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

"Barangsiapa di antara kalian yang murtad dari agamanya kemudian mati dalam keadaan kafir maka mereka itulah orang-orang yang terhapus amalannya di dunia dan akhirat. Dan mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal berada di dalamnya." (QS. Al-Baqarah : 217) (lihat At-Tauhid li Shaffits Tsaalits 'Aliy, hal. 32)

Macam-Macam Riddah

1.Riddah dengan sebab ucapan

Seperti contohnya ucapan mencela Allah ta'ala atau Rasul-Nya, menjelek-jelekkan malaikat atau salah seorang rasul. Atau mengaku mengetahui ilmu gaib, mengaku sebagai Nabi, membenarkan orang yang mengaku Nabi. Atau berdoa kepada selain Allah, beristighotsah kepada selain Allah dalam urusan yang hanya dikuasai Allah atau meminta perlindungan kepada selain Allah dalam urusan semacam itu.

2.Riddah dengan sebab perbuatan

Seperti contohnya melakukan sujud kepada patung, pohon, batu atau kuburan dan menyembelih hewan untuk diperembahkan kepadanya. Atau melempar mushaf di tempat-tempat yang kotor, melakukan prkatek sihir, mempelajari sihir atau mengajarkannya. Atau memutuskan hukum dengan bukan hukum Allah dan meyakini kebolehannya.

3.Riddah dengan sebab keyakinan

Seperti contohnya meyakini Allah memiliki sekutu, meyakini khamr, zina dan riba sebagai sesuatu yang halal. Atau meyakini roti itu haram. Atau meyakini bahwa sholat itu tidak diwajibkan dan sebagainya. Atau meyakini keharaman sesuatu yang jelas disepakati kehalalannya. Atau meyakini kehalalan sesuatu yang telah disepakati keharamannya.

4.Riddah dengan sebab keraguan

Seperti meragukan sesuatu yang sudah jelas perkaranya di dalam agama, seperti meragukan diharamkannya syirik, khamr dan zina. Atau meragukan kebenaran risalah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam atau para Nabi yang lain. Atau meragukan kebenaran Nabi tersebut, atau meragukan ajaran Islam. Atau meragukan kecocokan Islam untuk diterapkan pada zaman sekarang ini (lihat At-Tauhid li Shaffits Tsaalits 'Aliy, hal. 32-33)

Hukum yang Terkait dengan Orang Murtad

1. Orang yang murtad harus diminta bertobat sebelum dijatuhi hukuman. Kalau dia mau bertobat dan kembali kepada Islam dalam rentang waktu tiga hari maka diterima dan dibebaskan dari hukuman.

2. Apabila dia menolak bertobat maka wajib membunuhnya. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang mengganti agamanya maka bunuhlah dia." (HR. Bukhari dan Abu Dawud)

3. Kemurtadannya menghalangi dia untuk memanfaatkan hartanya dalam rentang waktu dia diminta tobat. Apabila dia bertobat maka hartanya dikembalikan. Kalau dia tidak mau maka hartanya menjadi harta fai' yang diperuntukkan bagi Baitul Maal sejak dia dihukum bunuh atau sejak kematiannya akibat murtad. Dan ada pula ulama yang berpendapat hartanya diberikan untuk kepentingan kebaikan kaum muslimin secara umum.

4. Orang murtad tidak berhak mendapatkan warisan dari kerabatnya, dan juga mereka tidak bisa mewarisi hartanya.

5. Apabila dia mati atau terbunuh karena dijatuhi hukuman murtad maka mayatnya tidak dimandikan, tidak disholati dan tidak dikubur di pekuburan kaum muslimin akan tetapi dikubur di pekuburan orang kafir atau di kubur di tanah manapun selain pekuburan umat Islam (lihat At-Tauhid li Shaffits Tsaalits 'Aliy, hal. 33)

Penulis: Abu Mushlih Ari Wahyudi

Artikel www.muslim.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar